friends

friends

Senin, 18 September 2017

dongeng hii

Bawang Merah Bawang Putih
Pada suatu hari, ada seorang gadis yang cantik dan baik hati, namanya Bawang Putih. Dia tinggal bersama ibu tiri dan saudara tirinya. Karena, ibu bawang putih telah meninggal ketika dia masih bayi. Selanjutnya, ayah bawang putih menikah lagi dengan wanita lain dan mempunyai seorang anak, Bawang Merah. Tidak lama setelah itu, ayah bawang putih meninggal dunia. Sejak saat itu ibu tiri dan saudara tirinya selalu menyiksa bawang putih
Dan selalu memintanya untuk mengerjakan semua pekerjaan rumah.
Suatu hari, Bawang putih pergi mencuci baju di sungai. Tiba-tiba baju ibunya hanyut oleh air sungai.
Dia merasa sangat takut. Dia pun pergi menyusuri sungai untuk mencari baju itu.
Kemudian, dia bertemu dengan seorang nenek tua. Nenek itu berkata : “jika kamu menginginkan baju itu, kamu harus mengerjakan pekerjaan rumahku”. Bawang putihpun setuju.
Saat selesai mengerjakan tugas itu, nenek merasa senang dan memberikan baju ibunya beserta hadiah untuk bawang Putih. Nenek memiliki 2 buah labu, labu pertama berukuran kecil sedangkan labu kedua berukuran besar. Tapi, bawang putih harus memilih salah satunya. Dia memilih labu yang kecil.Setelah itu, Bawang putih pulang kerumah.
Sesampainya dirumah, dia pun dimarahi oleh ibu tiri dan saudara tirinya karena telah pulang terlambat. Kemudian, bawang putih menjelaskan semuanya pada ibu dan saudaranya tentang baju,nenek tua,dan labu. Tetapi, ibu tiri sangat marahpada bawang putih. Kemudian, dia merebut labu itu dan melemparkannya ke lantai.
Tiba-tiba mereka sangat terkejut,karena labu itu berisi banyak perhiasan.
Kemudian, ibu tiri itu meminta bawang merah untuk melakukan semua hal yang dilakukan oleh bawang putih sebelumnya di sungai. Dia berkata  pada bawang merah “ingat, kamu harus mengambil labu yang besar dari nenek itu”. Lalu, bawang merah bergegas ke sungai, dn melakukan urutan seperti bawang putih.
Tak lama kemudian, dia bertemu dengan nenek tua itu. Nenek itu meminta bawang merah untuk melakukan pekerjaan rumahnya. Tapi, Bawang merah menolak. Kemudian, bawang merah meminta sebuah labu yang besar. Setelah mendapatkannya, Dia merasa sangat senang dan bergegas pulang.
Sesampainya dirumah, ibunya telah tidak sabar  melihat isi dari labu itu. Kemudian, dia melemparkn labu itu ke lantai.
Setelah terbuka, labu itu berisi ular. Mereka berduapun sangat takut, Bawang merah berkata “mom, aku fikir tuhan menghukum kita karena kita selalu jahat pada bawangputih.dan mungkin tuhan tidak suka semua itu. Kita harus minta maaf pada Bawang putih. Akhirnya, mereka berdua menyadari kesalahannya. Mereka meminta maaf pada Bawang Putih.
Kemudian, Bawang Putihpun memaafkannya.Sekarang, keluarga itu tidak miskin lagi. Karena, perhiasan yang di dapat itu di jul untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

soal tik kls 11 semester 1

Soal TIK Kelas XI Semester 1 dan Kunci Jawaban 1.Nyaman, cepat, murah, hemat sumber daya, ini merupakan keuntungan daripemakaian: a.E...